Konsekuesi & Risiko menggunakan Perangkat Lunak Bajakan & Palsu

SMKN1SLAHUNG - Pasar untuk perangkat lunak bajakan sangat besar, dan konsumen dengan mudah jatuh perangkap untuk mendapatkan produk perangkat lunak 'nyata' dengan harga murah yang membantu mereka melakukan pekerjaan itu. Tetapi dalam proses mengadopsi perangkat lunak bajakan, konsumen berada pada risiko intrusi privasi, kehilangan data sensitif, kerugian finansial dan biaya besar, dan buang-buang waktu untuk memperbaiki masalah sistem.


Perangkat lunak ilegal adalah salah satu kebutuhan pokok yang tidak menguntungkan di internet, dan itu tidak akan hilang dalam waktu dekat. Sekarang, walaupun itu bisa dianggap sebagai hal yang baik ketika mengunduh perangkat lunak Windows 10 secara ilegal, sebenarnya tidak. Tidak ada jumlah penghematan yang dapat melindungi Anda dari masalah potensial yang dihadapi perangkat lunak ilegal.

Konsekuensi menggunakan Perangkat Lunak Bajakan

Perangkat lunak bajakan bisa menjadi masalah besar bagi komputer Anda, dan juga untuk Anda sendiri. Jika Anda adalah tipe orang yang menyimpan informasi pribadi di komputer Anda, maka kami sarankan untuk menjauh dari jenis alat ini, apa pun godaannya.

Anda tahu, mencoba menghindari membayar untuk perangkat lunak bisa membuat Anda mengeluarkan biaya lebih dari yang Anda tolak, dan itu ironis, bukan?

Alasan mengapa Anda tidak boleh mengunduh perangkat lunak ilegal:

1] Itu tidak benar

Tidak semua orang tahu undang-undang tentang cara mendapatkan perangkat lunak ilegal. Bergantung pada negara tempat Anda tinggal, Anda bisa menghadapi hukuman penjara atau membayar denda besar jika Anda tertangkap dengan perangkat lunak bajakan yang Anda miliki.

Hari-hari ini, banyak pengembang perangkat lunak menambahkan alat-alat tertentu ke pekerjaan mereka untuk menentukan apakah orang telah membayar untuk hak istimewa. Tanpa lisensi yang valid, maka, orang-orang dapat menghadapi beban penuh dari hukum di masing-masing negara.

2] Tidak ada dukungan

Ini mungkin bukan masalah besar karena hampir tidak mungkin untuk tidak menemukan bantuan yang tersedia secara bebas di web untuk alat-alat populer. Namun, ada beberapa situasi di mana hanya pengembang yang dapat memperbaikinya, dan jika Anda tidak memiliki kunci lisensi, maka Anda kurang beruntung.

3] Tidak ada pembaruan baru

Salah satu masalah terbesar dengan perangkat lunak yang diperoleh secara ilegal adalah kenyataan bahwa bagi banyak orang, proses pembaruan tidak aktif. Kunci lisensi biasanya diperlukan agar perangkat lunak dapat online dan mengunduh pembaruan secara otomatis.

Dengan masalah seperti ini, pengguna akan dipaksa untuk mengunduh ulang versi baru dari perangkat lunak bajakan setiap kali ada pembaruan. Mereka harus melalui proses melelahkan yang sama untuk memungkinkannya bekerja dengan lancar tanpa cegukan.

4] Virus dan Malware

Mari jujur ​​di sini. Perangkat lunak yang diunduh dari situs web bajak laut biasanya terinfeksi beberapa bentuk virus atau malware. Banyak pengguna sistem operasi Windows selama bertahun-tahun telah membuat komputer mereka menjadi tidak berguna karena kegiatan ini.

Ya, Windows 10 lebih aman dari sebelumnya karena Windows Defender. Namun, alat anti-virus dan anti-malware tidak sempurna. Akan tiba saatnya sesuatu akan lolos, dan Anda hanya bisa berharap itu bukan ransomware.

5] Anda tidak mendukung pengembang

Di satu sisi, Anda mencuri produk. Pembuat perangkat lunak melakukan banyak upaya dalam pekerjaan mereka, oleh karena itu, jika Anda benar-benar ingin mengambil keuntungan dari apa yang mereka buat, maka bayarlah seperti layaknya warga internet terkemuka. Jika Anda tidak yakin apakah alat ini layak digunakan, lalu bagaimana dengan menggunakan versi uji coba? Dalam banyak kasus, uji coba tersedia. Untuk keadaan di mana hal ini tidak terjadi, maka baca beberapa ulasan di web untuk mencapai konsensus lengkap.

6] Kemungkinan tindakan hukum

Jika Anda ditemukan menggunakan perangkat lunak ilegal atau bengkak, Anda bisa membuka diri untuk tindakan hukum dan itu adalah sesuatu yang Anda pasti tidak inginkan.

Microsoft telah beberapa tahun yang lalu melakukan percobaan kecil di mana ia pergi ke pasar lokal di Melbourne untuk membeli perangkat lunak Windows dan Office palsu dari empat penjual yang berbeda. Disk bajakan ini kemudian diuji, dan hasilnya mengkhawatirkan.

Lima dari enam disk Microsoft Office terinfeksi malware, sedangkan enam dari dua disk Windows adalah tidak berguna (tidak dapat diinstal dan dijalankan). Dari enam disk lain yang dapat dijalankan dan diuji dengan sukses, berikut ini yang diamati:
  • Dua terinfeksi malware;
  • Semua enam salinan memiliki Pembaruan Windows dinonaktifkan;
  • Semua enam salinan memiliki aturan Windows Firewall berubah.

Dari total dua belas salinan perangkat lunak palsu yang dapat diinstal dengan sukses (enam Office dan enam Windows) dan diuji, berikut ini ditegaskan:
  • Tujuh salinan (58%) terinfeksi malware
  • Sebanyak 20 contoh dari enam jenis kode malware ditemukan.

Ini berarti masalah serius bagi pengguna yang tidak curiga bekerja pada perangkat lunak Microsoft palsu seperti itu terutama ketika berurusan dengan informasi rahasia seperti laporan keuangan, kata sandi sensitif, dan item media pribadi dkk.

Temuan ini didukung oleh studi IDC yang dilakukan kemudian, pada The Bahaya Perangkat Lunak Palsu, yang ditugaskan oleh Microsoft, yang menemukan bahwa:
  • Satu dari tiga PC konsumen dengan perangkat lunak palsu akan terinfeksi malware;
  • Konsumen secara global akan menghabiskan US $ 22 miliar dan 1,5 miliar jam berurusan dengan masalah, seperti memulihkan data, dan berurusan dengan pencurian identitas sebagai hasilnya;
  • 26% konsumen yang menginstal perangkat lunak palsu memiliki PC yang terinfeksi virus;
  • 78% program perangkat lunak palsu yang diunduh dari situs internet bajak laut atau jaringan P2P memasang cookie pelacakan atau spyware.

Perangkat lunak bajakan palsu mungkin lebih murah, atau bahkan gratis, tetapi tidak sepadan dengan risikonya untuk menggunakannya!

Buka di sini untuk mempelajari cara mengetahui apakah Perangkat Lunak Microsoft Windows asli dan melaporkan perangkat lunak Palsu .